Senin, 06 September 2010

PENCIL PROJECT : Sketching and Prototyping with Firefox

Akhirnya bisa posting lagi setelah 3 bulan blog ini terbengkalai untuk fokus pengerjaan TA, dan alhamdulilah penulisnya sekarang sudah melepaskan status sebagai mahasiswa :8 . btw, saya ingin sharing pengalaman waktu TA kemarin yang berhubungan dengan “prototyping”. Jadi begini ceritanya, waktu pertengahan Juli kemarin, setelah selesai bergumul dengan SPSS untuk menentukan requirement dari sistem yang akan dibangun, tiba-tiba si ibu pembimbing meminta prototype dari sistem tersebut. ya ok ok saja sih, tapi masalahnya, permintaan tersebut disampaikan pada saat pagi hari sebelum saya berangkat bimbingan, nah lo..setelah melihat jam, ternyata saya hanya punya waktu 2 jam untuk membuat prototype tersebut :-hh .

Sempat panik sih, tapi setelah dipikir-pikir saya berinisiatif untuk menggunakan netbeans atau vb.net *nah lo, kok netbeans sama .net?. karena pada 2 IDE dapat membuat interface cukup dengan drag and drop. Tapi ketemu masalah lagi, di netbeans kan lebih kepada project aplikasi desktop sedangkan aplikasi yang saya buat berbasiskan web, sedangkan si .net masih belum terinstall dan waktu install-nya pun cukup lama. :-Y

Akhirnya saya memutuskan untuk bertanya kepada om google, adakah cara untuk membuat prototype yang cepat, ngga ribet, dan hasilnya bagus . Akhirnya ketemu, namanya “PENCIL”.

Tools ini lumayan bagus, karena menyediakan berbagai UI component seperti combo box, text area, panel, dsb. Dan setelah menggambar, kita dapat langsung export menjadi image. Oh iya, tools ini dijalankan sebagai Firefox Add Ons. Dan yang lucunya, kita dapat membuat mock up versi bagus, dan versi coret-coretannya.

Untitled-1 dsa Sekian dari saya, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar