Rabu, 05 Mei 2010

Knowledge mapping dalam knowledge management

0227-cul-webTHANK Sudah sekitar 2 hari ini dikampus sedang ramai membahas tentang UTS knowledge management. Mulai dari SECI diagramnya Nonaka & Takeuchi, arsitektur, sampai knowledge mapping. maaf loh sebelumnya, bukannya kemarin tidak mau bantu waktu ditanya, maklum lagi kejar setoran untuk seminar akhir mei bulan ini. Jadi saya tulis saja apa itu knowledge mapping dan tools yang digunakan untuk knowledge mapping.
Sebagai narasi saya bahas dahulu mulai dari konsep knowledge, knowledge management (KM) lalu baru masuk ke knowledge mapping.
Menurut ezine, knowledge adalah :
Knowledge is a set of data and information, to which is added expert opinion and experience, to result in a valuable asset which can be used or applied to aid decision making. Knowledge may be explicit and/or tacit, individual and/or collective.
Sedangkan untuk knowledge management hingga saat ini belum ada definisi standar dari knowledge management (KM). Setiap ahli yang bekerja dalam bidang KM mempunyai definisinya masing-masing.
  1. Menurut Amrit Tiwana (2001) Pengelolaan knowledge perusahaan dalam menciptakan nilai bisnis (business value) dan menghasilkan keuntungan kompetitif yang berkesinambungan (sustainable competitive advantage) dengan mengoptimalkan proses penciptaan, pengkomunikasian, dan pengaplikasian semua knowledge yang dibutuhkan dalam rangka pencapaian tujuan bisnis
  2. KM adalah proses terbentuknya suatu organisasi yang selalu bertindak cerdik dalam melindungi aset yang dimilikinya dan mengembangkannya sehingga mencapai keberhasilan. KM sangat berhubungan dengan strategi yang kompetitif yang memberi keuntungan besar bagi daerah pasarnya. KM adalah proses mendapatkan intelegensia dan kepakaran kolektif serta menggunakannya untuk mengembangkan inovasi melalui pembelajaran organisasional yang terus menerus (Nonaka, 1991)
  3. Systemic approaches to help information and knowledge emerge and flow to the right people at the right time to create value (Robert Buckman, 2004)
Biasanya dalam perancangan KM dalam suatu organisasi faktor subjektif dari perancangnya turut mempengaruhi pemilihan definisi yang akan diadopsi, disamping keseuaian dengan strategi dan kerangka yang digunakan dalam implementasi KM (Paul L Tobing).
nah, sekarang, apa itu yang disebut dengan knowledge mapping? dimanakah letak dari knowledge mapping, dalam knowledge management?
Menurut ezine definisi dari knowledge mapping adalah : “Knowledge Mapping is all about keeping a record of information and knowledge you need such as where you can get it from, who holds it, whose expertise is it, and so on”. Intinya tentang kodifikasi (inget loh, kodifikasi bukan segalanya tentang perubahan tacit to explicit, tetapi juga kepada siapa orang yang memegang knowledge).
Lalu mengapa dibutuhkan knowledge mapping? dari definisi diatas sudah cukup jelas, yaitu untuk mengetahui siapa-siapa saja orang di dalam organisasi yang memegang knowledge yang berharga di dalam organisasi, keberadaan orang tersebut sangatlah penting, karena apabila orang yang memegang knowledge tersebut tidak ‘dipelihara’ oleh organisasi, maka akan terjadi yang namanya “knowledge loss”. Akan sangat berbahaya apabila sebuah organisasi tidak menyadari potensi dari human capital yang dimilikinya di zaman intangible asset ini, bisa saja organisasi pesaingnya ‘membajak’ orang yang memegang knowledge.
Sekarang bagaimana cara untuk melakukan knowledge mapping. salah satunya adalah menggunakan “Social network analysis” (SNA). kata tante wiki fungsi dari SNA adalah : “is used to identify, represent, analyze, visualize, or simulate nodes (e.g. agents, organizations, or knowledge) and edges (relationships) from various types of input data (relational and non-relational), including mathematical models of social networks. The output data can be saved in external files. Various input and output file formats exist.”
Tools untuk SNA ada banyak. yaitu : AutoMap, CFinder, Commetrix, CoSBilab Graph, DyNet, Detical NetReveal, dsb.
Yap, sekian dari saya, mohon maaf kalau ada kekurangan atau kesalahan..selamat belajar dan selamat ujian :)

11 komentar:

  1. aw aw aw mantap sekali ses dwitya.. semoga keluar semua pas ujian nanti siang :recsel:

    PERTAMAX RESERVED :army:

    BalasHapus
  2. Hahaha...

    malah begadang nonton bola dia.. 3jam lagi ujian tuh.. :D

    BalasHapus
  3. @tito
    di print? haha..ngga kapok juga, awas kena sama pengawas lagi nanti.

    BalasHapus
  4. aduh makanan ap lagi ini W :D ,,unduh dul gan...

    kayaknya bentar lagi ad yg jd ahli teori nich kerjaannya makanin buku yak :P ...

    BalasHapus
  5. ga kebayang lo mau bikin software KM macem apa.....


    btw itu profil picture ga bgt dah huruf dwnya....ganti siiih.....jelek master....haha.....

    BalasHapus
  6. @ika : Ya jangan dibayangin lah, liat aja nanti bulan juli *penuh keyakinan :)

    jelek gimana? berikan alasan, justifikasi, serta substansi dari komentar anda :8 hihihi

    iya nanti diganti deh ka..

    BalasHapus
  7. hai...
    saya lagi ada Tugas akhir tentang knowledge map nih..
    mau tanya donk..apakah knowledge map itu harus menggunakan labeled link?
    ada recommended software ga buat bikin knowledge map? terima kasih..

    BalasHapus
  8. @cipacipaunknownsuperstar
    hmm..terus terang, saya blm mengetahui apakah itu "labeled link". Tapi dari hasil googling, label link itu fungsinya untuk mengarahkan sesuatu text/tulisan. berarti fungsinya sama seperti menambahkan link pada suatu kata sebagai referensi yang lebih lengkap mengenai kata tersebut. tul tak? :)

    kalau memang betul fungsi labeled link seperti yang dijelaskan diatas, knowledge map "bisa" menggunakan label link (dengan menghilangkan kata "harus"), karena, dengan menggambarkan relasi seperti tanda panah, atau sebuah diagram, knowledge mapping juga dapat dilakukan

    Kalau soal software bisa menggunakan visio untuk menggambarkan diagram, kalau ingin menggunakan SNA (Social network analysis) ada beberapa tools yang dapat digunakan yaitu : AutoMap, CFinder, Commetrix, CoSBilab Graph, DyNet, Detical NetReveal.

    BalasHapus
  9. bisa sebutkan sumber2 nya pak? thx

    BalasHapus
  10. Bisa langsung klik hyperlink-nya kok.. saya ambil dari beberapa sumber dari ezine, dan buku karya Paul. L Tobing

    BalasHapus