Rabu, 12 Mei 2010

My First Photoshop Tutorial

Yap, akhirnya saya memutuskan untuk menulis tutorial pertama yang ditulis sendiri. (Sebenarnya ini pelarian dari mumetnya dari TA yang mandek di bab4 :8 ). Tutorial cukup singkat dan mudah, cukup 20 menit anda dapat mengimplementasikan tutorial ini. oh iya, versi photoshop yang saya gunakan adalah adobe photoshop CS2 (please, jangan tanya soal license ya :P, piracy for education only right? :)) *membela diri).

ok, untuk mempersingkat waktu, jadi langsung di mulai saja.

  1. Siapkan sebuah image, terserah mau ukuran berapa (asal jangan kekecilan). ini adalah image yang saya gunakan.
    batik2
    loh kenapa batik? karena saya cinta indonesia :-indo
  2. Buka image tersebut di photoshop, setelah itu di menu layer klik kanan dan pilih duplicate layer. image tersebut akan menjadi 2. setelah itu buatlah 1 layer baru dan selipkan ditengahnya.
    Untitled-1
  3. Masih di “layer 1” (layer berwarna putih yang di selipkan diantara image), buatlah tulisan (saya menuliskan “technoair”) dengan menggunakan type tool dengan “warna putih”. Dalam kaitan ini saya menggunakan font “BatmanForeverAlternate” dengan size 60pt. *Anda bisa bebas untuk memilih font yang anda sukai, dan ukuran bisa disesuaikan, asalkan jangan terlalu kecil.
    Untitled-2
  4. Selanjutkan klik kanan pada layer “background copy” (image duplicate dari gambar awal), dan pilih “Create Clipping Mask”
    Untitled-3
    Hasil setelah memilih opsi Create Clipping Mask
    Untitled-4
  5. Untuk memperjelas tulisan, saya menambahkan Stroke, klik kanan pada layer font “technoair” > pilih blending option > menu “stroke”. Untuk atribut “size” saya memilih 2px, dan menggunakan warna dengan kode : #412300. Hasilnya :
    Untitled-5 
  6. Selanjutnya pilih tools “gradient” pada toolbox sebelah kiri, dan pilih komposisi warna dasar menjadi putih sebagai foreground color. Pada menu gradient pilih warna “foreground to transparent”.
     Untitled-7
    Pilihan foreground to transparent
    Untitled-8
  7. Klik kanan pada layer font “technoair” kembali, kali ini pilih opsi “Rasterize Type”. Selanjutnya pilih “magic wand tools” pada toolbox di sebelah kiri, klik pada kanvas (target tetap pada layer “technoair”). selanjutnya tekan “ctrl + shift + i” atau menu select > inverse. hasilnya :
    Untitled-6
  8. Buat layer baru lagi diatas layer “background copy”, lalu gerakkan gradient tools dari atas kebawah (cukup setengah huruf saja) pada huruf “N” dari tulisan “technoair”.
    9
    Hasil gradient :
    10
  9. Selesai :). Saya menambahkan beberapa tulisan dibawahnya, hasil akhirnya seperti ini
    11

Yap, sekian dari saya. mohon maaf kalau ada kesalahan atau tutorialnya masih terlalu basic (maklum saya newbie). Kalau ada pertanyaan silahkan, mudah2an bisa bantu. dan untuk file mentahan photoshopnya bisa di unduh disini. Selamat mencoba :-V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar