Rabu, 05 Mei 2010

Knowledge Worker

workplan_small Kembali dengan topik Guilty Pleasure. Kali ini saya mencoba mengangkat apa itu knowledge worker. Beberapa hari belakangan ini, ada beberapa pertanyaan dari teman dan beberapa rekan kerja, tentang mengapa saya sering menggunakan kata-kata ini, dan terkadang saya juga melabeli diri dengan kata ini :8.
Langsung saja saya mulai dengan definisi dari knowledge worker, menurut Paul L. Tobing dalam bukunya “Knowledge Management : Konsep, Arsitektur, dan Implementasinya” knowledge worker merupakan inti dan penggerak utama suatu organisasi yang berbasiskan knowledge.

Knowledge worker adalah orang-orang yang memilki kompetensi tinggi, dinamis, dan memiliki daya yang tinggi untuk mempelajari dan memahami isu-isu baru serta menciptakan peluang yang positif pada setiap situasi baru. Knowledge worker bekerja tidak berbasiskan skill teknis yang biasa dipergunakan untuk pekerjaan rutin dan berulang, tetapi learning skill dan learning capability yang mereka miliki, memungkinkan mereka tetap inovatif dalam berbagai situasi yang berubah dengan cepat.

Knowledge worker bekerja berdasarkan otak dan jiwa bukan dengan tangan dan otot, mereka terdidik dan berpengalaman. Dalam pekerjaannya mereka akrab dengan teknologi informasi, karena sehari-hari mereka diisi dengan mengakses, mengolah, menganalisis, menyimpan, dan mentransfer data dan informasi. Mereka mampu mengaplikasikan informasi dan knowledge yang bersifat teori dan analitik. Mereka melihat pekerjaan sebagai suatu sumber kepuasan dan sebagai tempat berkreasi dan berproduksi. Walaupun mereka mengaplikasikan sudah memiliki pendidikan tinggi, namun mereka tetap belajar secara fleksibel sepanjang hidup mereka, serta menyukai, terbuka, dan mudah menyesuaikan diri dengan ide-ide baru. Faktor-faktor inilah yang memungkinkan mereka memiliki beberapa karir sepanjang hidupnya.

Yap sekian dari saya tentang pengertian dari knowledge worker, semoga cukup jelas, dan bisa menambah wawasan. :-indo

4 komentar:

  1. agak bingung sama istilahnya...knowledge worker atau knowledgeable worker ya yang bener??? secara grammatical kayaknya harusnya yang kedua...hehehehe

    BalasHapus
  2. iya..setuju!saya smpe nyari nyari artinya..anyway matur nuwun atas sharing knowledge nya..

    BalasHapus
  3. @rais51 a.k.a rahma : iya ram, tapi istilah yang digunakan di buku dan jurnal-jurnal itu knowledge worker.

    @berlianing : trims :)

    BalasHapus
  4. kalau Knowledge Worker dengan Knowledge Work Systems itu sama enggak ya? apa kedua nya saling berinteraksi? tolong pencerahannya ya. Terima kasih :)

    BalasHapus