Kamis, 06 Mei 2010

Google Docs

google_docs_e2_compliance Beberapa hari yang lalu saya mendengar berita tentang Docs.com, yaitu sebuah aplikasi kerja yang memungkinkan user untuk membuat Microsoft Office Document, membaginya dengan relasi Facebook. Seru juga sih, bisa bekerja secara online dan untuk penyimpanannya tidak usah penuh-penuhin isi hardisk. Tetapi si docs.com ini masih beta. Setelah googling untuk mengetahui info lebih lanjutnya, ternyata google sudah lebih dahulu menyediakan layanan seperti ini. maaf loh bukan bermaksud bilang microsoft mengekor kerja si google, tapi sepertinya inovasi google selalu lebih dulu daripada yang lainnya.

Jadi apa itu google docs? menurut tante wiki : “Google Docs is a free, Web-based word processor, spreadsheet, presentation, form, and data storage service offered by Google. It allows users to create and edit documents online while collaborating in real-time with other users. Google Docs combines the features of Writely and Spreadsheets with a presentation program incorporating technology designed by Tonic Systems. Data storage of any files up to 1GB each in size was introduced on January 13, 2010.”

Selain fitur word processor, spreadsheet, presentation, form, data storage, kabarnya google menambahkan fitur drawing editor (untuk berita tentang drawing silahkan kunjungi link ini), berarti makin lengkap si google docs ini, dan seperti yang telah disebutkan diatas, penggunaan google docs ini dapat juga berkolaborasi real-time dengan user pengguna google tentunya. hihi, jika dibandingkan sepertinya microsoft mengambil resiko untuk terjun ke bisnis red ocean strategy dengan memanfaatkan popularitas facebook (sekali lagi maaf loh, bukan menjelekkan si microsoft, saya juga pecinta produk dari si om gate kok :8 ).

Selain itu si google docs ini juga dapat diakses melalui teknologi mobile. User dapat melihat dan mengedit document & spreadsheet, tetapi belum mendukung untuk melihat presentation dan PDF.

Kerja luar biasa dari google dan mungkin hanya bisa ditandingi oleh perusahaannya om Jobs (Apple). Akhir kata, seperti iklan di TV google adalah “inovasi tiada henti” :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar