Selasa, 13 April 2010

LightScribe : direct disc labelling

lightScribe Berhubung data di hardisk sudah mulai membludak dan menjadi sedikit paranoid kehilangan data (maklum mahasiswa yang sedang tugas akhir :T_T ), jadi saya memutuskan untuk membackup data-data saya, pertama saya back up online, menggunakan layanan box.net dan media yang murah meriah yaitu dvd. Hari Senin kemarin saya sempatkan untuk mampir ke kenari mas untuk beli DVD kosong.

Nah, sesampainya di toko langganan saya ditawarkan 2 pilihan, yang pertama adalah dvd kosong yang biasa kita beli, lalu satu lagi jasa burn DVD dengan teknologi lightScribe (si penjual menawarkan jasa untuk melakukan proses burn juga sambil menawarkan DVD burner Asus 2014L1T). nah lo, apa itu lightscribe? setelah googling beberapa saat, akhirnya saya menemukan, apa itu teknologi lightscribe dengan kelebihannya.


LightScribe adalah teknologi inovatif yang menggunakan disc drive spesial, spesial media, dan "label making" software untuk melakukan proses "burn" label secara langsung pada CD dan DVD. karena proses labelling menggunakan teknologi laser tidak di print yang selama ini biasa kita lihat, maka tidak perlu khawatir terhadap pengelupasan dan goresan pada label.

Untuk labellingnya itu bisa menggunakan foto, text, ataupun artwork. hmm..ini dia yang seru, kalau iseng bisa saja labelnya diberikan image “CONFIDENTIAL” atau “DOKUMEN NEGARA”. :8 

Untuk mendapatkan software lightScribenya silahkan unduh langsung di TKP, silahkan dipilih yang sesuai dengan sistem operasi anda. Untuk video pengenalan teknologi lightScribe bisa dilihat disini.

Setelah keliling youtube, saya juga menemukan video tutorial untuk men-setup si lightScribe :

Dan Tutorial cara penggunaannya :

Sekian dari saya, semoga bisa menambah pengetahuan. :)

5 komentar:

  1. yoi dah langsung Test di PC gw nich Gan ... :P

    BalasHapus
  2. hooo.....ada ya yg begitu.....

    BalasHapus
  3. simpen di BlueRay W lebih aman lgi dah :D

    BalasHapus
  4. @Ika : ada dong.. :8

    @tris : tapi beliin device buat burn blueray-nya yak :)

    BalasHapus
  5. hasilnya ga berwarna ya om....ato sesuai dengan photo/grafis yang kita tempel?

    thx
    AY

    BalasHapus